KELOMPOK TANI TERNAK SURYA ABADI ADAKAN PELATIHAN PEMBUATAN PAKAN FERMENTASI

Pelatihan Pembuatan Pakan Sapi dan Domba Kambing
Usai penjelasan dan motifasi kelompok Surya Abadi, kegiatan di lanjutkan dengan  pratek lapangan membuat pakan berger/ fermentasi pakan adalan kelompok tani ternak Ustan Mandiri Dolokgede.
Narasumber Pakan Muhammad Ali menjelaskan satu persatu bahan pakan serta hitungan pakan untuk membuat 1 kuintal pakan.

Acara yang di gelar oleh kelompok tani ternak Surya Abadi di hadiri 40 peserta dari desa bakalan, tambakrejo dan sukorejo.
Menurut Ali, Membuat Pakan 1 Kuintal membutuhkan  50 serat kasar yang berupa rumput kering yang sudah di coper, rumput kolonjono,tebon, rendeng kedelei yang sudah di hamermill, kulit kacang kacangan dll. Bahan di atas adalah sumber serat yang di butuhkan untuk membuat berger/ pakan fermentasi.

Karbohidrat.
jenis bahan pakan tersebut banyak  terdapat pada dedak limbah penggilingan padi yang juga di pakai untuk membuat pakan berger, bahan tersebut di butuhkan hanya 30 Kg dalam 1 kuintal pakan.

Protein.
Sumber protein yang di pakai oleh kelompok ustan mandiri adalah Ampas tahu, yang mana ampas tahu tersebut terdapat sumber protein yang sangat tinggi di banding bahan- bahan pakan lainya.

Mineral .
Bahan ini sangat di butuhkan untuk membuat pakan fermentasi karena bahan tersebut dapat memperkuat tulang serta menambah vitamin bagi ternak sapi dan domba kambing. maka mineral dalam membuat pakan 1 kuintal membutuhkan 1 kg meneral.

Molase.
Molasi ini bisa di sebut tetes tebu yang terbuat dari limbah gula yang banyak terdapat dipabrik- pabrik gula di seluruh indonesia.

Garam beryodium.
Bahan tersebut sebagai pelengkap untuk membuat pakan fermentasi 1 kuintal pakan membutuhkan 1 kg garam.

Air.
Air adalah bagian terahir dalam membuat pakan fermentasi, pakan fermentasi ini hanya membutuhkan air 30% dari jumlah keseluruhan .


Komentar

Postingan Populer