DINAS PETERNAKAN BOJONEGORO MENGATISIPASI ADANYA FLU BURUNG DI TAMBAKREJO

KPK Kelompok Peternak Kacangan Tambakrejo
Dalam rangka mengatisipasi wabah Flu Burung Dinas peternakan dan perikanan bojonegoro melakukan suiping terhadap kelompok- kelompok ternak unggas di seluruh wilayah bojonegoro.

Rabu pagi 11 Mei 2016 Dinas bersama PTP Kecamatan mengadakan pemeriksaan unggas sekaligus pencegahan melalaui injek serta vaksinasi terhadap ayam milik kelompok dan warga dengan gratis di desa kacangan. Desa kacangan adalah salah satu desa yang menjadi percontohan unggas di seluruh wilayah kecamatan tambakrejo.

Populasi ternak ayam di kelompok KPK dan warga mencapai 5000 lebih yang telah terdata oleh PTP kecamatan tambakrejo, maka dari pendataan tersebut desa kacangan di plot sebagai desa yang sudah  maju di bidang  peternakan unggas di tambakrejo.

Setelah di konformasi tim Ustan Mandiri, PJ Kepala Desa Kacangan Sholihin berharap besar kepada dinas peternakan dan perikanan kabupaten bojonegoro selalu memantau perkembangan unggas yang berada di desanya, agar perkembanganya dapat selalu di rasakan oleh warganya dan bisa menjadi tambahan ekonomi masyarakat untuk bisa berputar roda perekonomianya.

Dinas Peternakan menurukan tim ahli dari kabupaten untuk melakukan kegiatan ini supaya peternak bisa melihat langsung cara mencegah adanya virus-virus yang menyerang unggas di masyarakat maupun di kelompok peternak.

Drh. Indra sebagai komandanya jalanya program tersebut dan di bantu oleh Drh. Niken, Drh. Dwi, Drh. Martono, Drh. Nur serta di bantu oleh PTP kecamatan Achmad Moechid selain mevaksin dan injek tim tersebut juga melakukan  penyemprotan Disinfektan ke kandang - kandang kelompok.

Selain petugas melakukan penyemprotan kandang, kelompok bersama anggotanya di himbau agar 3 bulan aktif membersihkan kandang kandangnya dan sekaligus penyebrotan agar dapat membunuh bakteri-bakteri yang hinggap di kandang  dan kegiatan vaksinasi harus tetap berjalan.


Kelompok yang bernama KPK yang menyerupai nama lembaga negara yang bertugas membrantas korupsi di Indonesia ini  telah mendapatkan bantuan ayam arab dari dinas peternakan dan perikanan bojonegoro sejumlah 500 ekor pada tahun 2015, saat ini berkembang menjadi 950 ekor dalam satu tahun terahir.   
( sumber PTP Tambakrejo A. Moechid )







Komentar

Postingan Populer