PENTINGNYA MENCUKUR BULU DOMBA DEMI KESEHATAN TERNAK

Ustan Mandiri Dolokgede

Maraknya peternak di masyarakat membuat kelompok ustan mandiri Dolokgede menggelar pelatihan ternak bersama ademos, pelatihan ini bertujuan agar para peternak yang berdekatan dengan desa dolokgede melakukan hal yang sama apa yang di lakukan oleh kelompok.

Peternak tradisional banyak yang enggan memperdulikan tentang kesehatan ternak dan kenyaman ternak itu sendiri, misal mencukur bulu domba hampir tidak pernah mereka lakukan, sehingga ternak yang di pelihara oleh peternak tradisional mengalami keterlambatan di pertumbuhan ternak domba itu sendiri.

Menurut peternak tradisional hal tersebut membuat pekerjaan yang buang-buang tenaga saja apabila kegiatan tersebut mereka lakukan,  menurut mereka domba yang tak pernah di potong bulunya tak ada pengaruh sama sekali kepada domba yang mereka pelihara.

Memang sulit untuk merubah menset peternak tradisional beralih ke modern, karena menurut mereka menambahi pekerjaan saja, tetapi itu tak menjadi halangan bagi kelompok tani ternak Ustan Mandiri untuk memberi contoh  bagi  peternak yang lain.

Mencukur bulu adalah kegiatan wajib bagi sekelompok peternak Ustan Mandiri demi meningkatkan sehatan dan kesejahteraan domba itu sendiri,  pepatah mengatakan jika peternak mempedulikan akan kesejateraan  ternaknya,  maka begitu pula ternak akan menyejahterakan peternak itu sendiri.
 

Komentar

Postingan Populer