MEMBUAT OBAT SAKIT MATA UNTUK KAMBING DOMBA

Meracik Obat Sakit Mata untuk Domba
Penyaki yang sering di derita oleh kambing ternak adalah batuk, kembung ,mencret dan sakit mata yang sering di sebut eye.
Penyakit -penyakit ini akan bisa di derita oleh kambing domba di sebabkan beberapa faktor, contohnya : kembung di sebabkan oleh pakan hijauan yang terlalu muda atau bisa dari pakan fermentasi yang langsung di kasihkan dalam keadaan masih terasa panas jika di pegang.

Kemudian menret juga sama dengan pakan hijauan yang terlalu muda dan juga terlalu banyak serat halus misalnya pakan yang berprotein tinggi seperti ampas tahu dll.
Sedangkan sakit mata di sebabkan banyak faktor misal kandang tidak bersih,  sanitasi tdk tertata, pergantian musim dan juga sirkulasi udara di kandang kurang maksimal.

Di kelompok ternak Ustan Mandiri membuat obat tradisional yang bahanya terbuat dari bahan-bahan tanaman toga yang sangat banyak kita jumpai di pekrangan masyarakat pedesaan.

Jeruk nipis sangat ampuh untuk di jadikan obat tetes mata pada hewan ternak sapi,kambing dan domba sehingga peternak lebih hemat dan ekonomis untuk biaya perawatan ternak.
Caranya jeruk nipis di ambil airnya kemudian di taruh pada botol bekas obat tetes mata manusia dan di jadikan tetes mata pada hewan ternak.

Lakukan pagi, siang dan sore untuk meneteskan jeruk nipis tersebut di bagian mata yang sakit, tapi perlu di ingat bahwa mengobati harus yang tidak sakit terlebih dahulu baru yang terkena virus.

Komentar

Postingan Populer