KEGIATAN GANGREP DINAS PETERNAKAN BOJONEGORO DI JATIMULYO TAMBAKREJO

Kegiatan GANGREP ) oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro

Kegiatan yang berlasung baik dan lancar yang di gelar oleh dinas peternakan dan perikanan kabupaten bojonegoro terhadap para peternak dan petani ternak yang berada di wilayah kecamatan tambakrejo tepatnya di desa jatimulyo.

 350 ekor sapi betina di kumpulkan di 2 lokasi yang berbeda untuk di periksa dari tingkat kesuburanya terhadap reproduksi sapi betina produktif, lokasi yang di pilih oleh Dinas  tersebut adalah di dusun Kalongan dan jatiri desav jatimulyo.

Dalam pemeriksaan tersebut dari 350 ekor sapi betina di temukan 86 ekor sapi betina yang mengalami ganguan pada reprodusinya, sapi betina yang mengalami hal tersebut di sebabkan oleh pakan yang tidak berkualitas sehingga sapi betina mengalami kurang hipo fungsi yakni ganguan pada bagian reproduksinya.

Untuk mengatasi masalah tersebut Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro mengadakan kegiatan pemeriksaan ganguan reproduksi pada sapi betina daerah kawasan ternak sapi tersebut.

Sapi yang sudah mengalami ganguan pada reproduksi/ hipo funsi di berikan suntikan vitami dan hormon maupun  mineral serta obat cacing dengan cuma-cuma kepada petani peternak di desa tersebut.

Kegiatan-kegiatan ini bermula banyaknya laporan-lapora yang masuk ke dinas dengan laporan IB / Isnminasi Buatan selalu gagal untuk membuhai sapi-sapi betina yang di pelihara oleh peternak.
IB yang di lakukan oleh petugas sampai 2-3x tak membuahkan hasil.

PTP Tambakrejo Achad Moechid
Dalam kegiatan tersebut Dinas peternakan bersama petugas tim  dokter hewan Drh.Martono, Drh. Yuyun, Drh. Niken  Drh. Catur dan  Anisa.Spt alumni dari Universitas Brawijaya Malang.

Perlu di ketahui bahwa Anisa adalah salah satu putra asli desa Malingmati Tambakrejo Bojonegoro.
Dan tak lepas juga dari kegiatan tersebut para dokter hewan  juga di bantu oleh PTP ( Petugas Teknis Peternakan dan Perikanan Kecamatan Tambakrejo ) Bp. Mochid selaku tuan rumah.

Dari beberapa peternak sangat antusias sekali terhadap kegiatan kegiatan yang di gelar oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro yang di kemas dalam sebuah program kegiatan Gangrep di wilayah kecamatan tambakrejo.

Desa Jatimulyo adalah desa yang berdekatan dengan desa Napi yang sudah menjadi Kawasan pengembangan sapi PO yang telah mendapatkan sertifikat dari Gubenur Jawa Timur pada tahun lalu.

Maka pengambilan tindakan yang sangat tepat bagi Dinas Peternakan Bojonegoro untuk melakukan kegiatan tersebut.


Kepala Desa Jatimulyo Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro, Teguh Widarto berharap kepada dinas peternakan , bahwa kegiatan-kegiatan tersebut sering-sering di lakukan di desanya agar bisa menjadikan pengalaman yang sangat berharga bagi petani ternak bahwa pentinya pakan yang berkualitas dan mengandung nutrisi tinggi yang di butuhkan oleh ternak sapi yang di peliharanya.



Komentar

Postingan Populer