KANDANG PERCONTOHAN USTAN MANDIRI KEDATANGAN TAMU KARANG TARUNA SUMBER TLASEH DANDER BOJONEGORO

Karang Taruna Sumber Tlaseh Dander berkunjung di Ustan Mandiri
Hampir seminggu sekali Ustan Mandiri kedatangan tamu dari luar desa hanya untuk belajar ternak dan belajar membuat pupuk organik.
Kali ini tamu yang bersal dari desa Sumber Tlaseh Kecamatan Dander berkunjung ke Dolokgede kepingin mengetahui bagai mana cara membuat pupuk organik padat dan pupuk cair.

Ustan Mandiri bekerjasama dengan Gapoktan Dolokgede Makmur dan di fasilitasi oleh Lembaga pemberdayaan masyarakat Ademos untuk melakukan kegiatan - kelompok yang menjadi daya tarik masyarakat sehingga menjadi tempat belajarnya masyarakat pada umumnya.

M. Ansori ketua karang taruna desa Sumber Tlaseh menjelaskan ketika di tanya oleh pengurus kelompok tani ternak dolokgede menjelaskan, Karang Taruna sudah membuat pertanian yang bermedia tanah di polybak.

Ansori menjelaskan kenapa karang taruna menggunakan media tersebut, karena menurut dia pemuda jaman sekarang gensi gede-gedean untuk bercocok tanam di sawah maupun ladang, maka dari itulah ketua karang taruna Ansorimembuat kegiatan pertanian sayur yang di lakukan oleh pemuda dengan media polybak.

Dari permaslahan yang mereka hadapi adalah tentang unsur hara tanah yang belum mencukupi akan kebutuhan tanaman, maka dari itu mereka datang ke kelompok Tani ternak ustan mandiri dan gapoktan dolokgede makmur, untuk belajar cara membuat pupuk organik padat dan juga cair.

Di kelompok tani / gapoktan dolokgede makmur binaan Ademos  telah mampu membuat pupuk POC pupuk organik cair  dan juga pupuk organik padat POP.   pupuk buatan sendiri  telah di aplikasikan di lahan percontohan padi organik milik anggota kelompok yang di dampingi oleh lembaga ademos.

Dari rangkaian di atas gapoktan bekerjasama dengan kelompok ternak untuk saling berkaitan dan saling membutuhkan dalam hal pakan tmaupun  pupuk.
Dari bahan -bahan baku pupuk tersebut di ambilkan dari kelompok ternak untuk di jadikan pupuk organik padat maupun cair.

Komentar

Postingan Populer