ROADSHWO PEMBINAAN KELOMPOK TERNAK DINAS PETERNAKAN BOJONEGORO

Pembinaaan Kelompok Maju Mapan desa Pasinan Kec. Borno Bojonegoro
Pembinaan Kelompok Ternak yang ke tiga kalinya oleh Dinas peternakan dan Perikan Kabupaten Bojonegoro, kegiatan ini  direncanakan semua kelompok tani ternak yang aktif dan kelompok yang telah mendapatkan bantuan hibah dari pemerintah.

Kali ini pembinaan di tempatkan di Desa Pasinan Kec, Buorno Kabupaten Bojonegoro dengan alasan desa tersebut telah banyak yang membudidaya ternek domba maupun sapi.
Kepala dinas Ardiyono Purwanto, SH, Msi   memberikan pembinaan terhadap kelompok agar bantuan yang telah  di terima oleh kelompok dapat bermanfaat dan juga menjadi berkah bukan sebaliknya.

Di samping bantuan alat dan ternak, Bapak Kadin juga  memberikan penjelasan kepada para peternak bahwa program pinjaman lunak yang pernah di adakan sekaranga sudah di tiadakan.

Elfi Nuraini Kabid Budidaya

Elfi Nuraini Kabid Budidaya juga memberikan pembinaan terhadap kelompo-kelompok yang aktif dan pernah di bantu oleh dinas di harapkan bisa mengembangkan peternakan di tiap-tiap kelompoknya masing-masing.
Untuk bisa mengembangkan kelompok tersebut Kabid Budidaya menginformasikan bahwa pontensi-potensi yang di miliki kelompok untuk menuangkan kedalam MUSRENBANGDES yang dilaksanakan oleh desa.

Untuk memajukan peternakan di butuhkan keahlihan dan juga inovasi sebuah pakan oleh peternak itu sendiri, agar supaya ternak yang di pelihara bisa sejahtera demikian juga pemiliknya.
Beternak secara modern lebih menguntungkan dari pada dengan tradisional, maka dari itu kelompok di berikan pembinaaan dalam mengelola pakan.

Wacana yang sudah ada bahwa kecamatan bourno akan di jadikan sebagai kawasan SPR ( sekolah peternakan rakyat ) sama halnya di kecamatan Kedung Adem, Temayang, Kasiman dan Tambakrejo, untuk menuju ke SPR para kelompok ternak yang berada di kawasan tersebut harus bisa menunjukan kepada masyarakat bahwa kelompok ternak Maju Mapan bisa berkembang populasi ternaknya.

Pekerjaan yang sangat mulia bagi Petugas Teknis Peternakan Bapak Joko Suwondo yang di tugaskan di Kecamatan Bourno untuk mendampingi para peternak yang berada di desa pasinan agar bisa mewujudkan impian sebagai SPRnya Bojonegoro timur.

Dalam kegiatan pembinaan kelompok Dinas juga mengadakan sebuah demo pembuatan pakan fermentasi dan silase yang di peragakan oleh kelompok Ustan Mandiri desa Dolokgede Kecamatan Tambakrejo Bojonegoro barat, pembinaan bukan hanya sekedar teori saja tapi bembinaan tersebut juga praktek membuat pakan alternatif yang bisa menggatikan pakan hijauan.


Komentar

Postingan Populer