LEMBU SETO DAN USTAN MANDIRI KEDATANGAN TAMU ISTIMEWA DARI DINAS PETERNAKAN KALIMANTAN TIMUR


Kunjungan Disnak Provinsi Kaltim bersama Disnak Provinsi Jawa Timur 
Wilayah sumber bibit sapi PO ( ongole ) Lembu Seto Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, pada tanggal 2 februari 2016 kemarin kedatangan tamu istimewa dari Dinas Peternakan provinsi Kalimantan Timur Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dan juga di dampingi oleh Dinas Peternakan dan perikanan kabupaten Bojonegoro. 

Kedatangan Ir. Rukiyah dan Dewi Eli Spt   di bojonegoro adalah melakukan  survai pembibitan sapi dan kambing  di Lembu Seto Napis dan juga Ustan Mandiri Dolokgede, tidak hanya itu tetapi ada kegiatan lain yang menjadi agenda Dinas Peternakan Provinsi Kaltim yaitu melihat dari dekat kegiatan-kegiatan yang di lakukan oleh kelompok.

Lembu Seto Desa Napis merupakan kelompok peternak yang telah mendapatkan setifikasi dari Menteri Pertanian ( Kementan ) RI pada tanggal 8 juni 2015 di serahkan pada acara kontes ternak Jawa Timur di kota Lamongan.

Sesuwai Harapan Bupati  bahwa Kabupaten Bojonegoro adalah merupakan gudang ternak di wilayah Jawa Timur ini adalah salah satu program sumber pangan dan energi untuk mencukupi kebutuhan protein hewani di Kabupaten Bojonegoro.

Selain dari kunjungan tersebut Kasi Pakan Dari Disnak Kaltim Beliau juga menayakan tentang perbandingan harga sapi maupun kambing di wilayah Bojonegoro.

Perjalanan di lanjutkan kedesa Dolokgede yang mana desa tersebut adalah desa kelahiranya kelompok tani ternak Ustan Mandiri yang bergeraka di ternak Domba ekor tipis yakni domba lokal.
Wawancara ketua kelompok Ustan Mandiri berjalan 2 jam untuk mengupas tentang pembibitan domba dan kambing, selain itu Ir, Rukiyah juga mempertanyakan tentang pakan yang telah di gunakan selama ini oleh kelompok mengunakan pakan alami atau ada yang lain.

Di kelompok Ustan Mandiri ada 2 jenis pakan yang setiap hari di terapkan pada ternak domba serta kambing yang di peliharanya dengan sistim fermentasi dan alami ( hijauan ).
Dari beberapa kegiatan kunjungan tersebut Dinak Provinsi Kalitim  sangat tertarik terhada lahan hijaun dari kelompok Ustan Mnadiri yang telah di tanami rumput setia kurang lebih setengah hiktar.

Dari rangkaian kunjungan tersebut Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur intinya adalah survei perbandingan harga sapi dan juga kambing yang berada di Kabupaten  Bojonegoro jawa timur.

Komentar

Postingan Populer