SELAIN RUMPUT SETIA KELOMPOK TANI TERNAK JUGA PUNYA LAHAN RUMPUT ODOT UNTUK PAKAN KAMBING DOMBA

lahan milik ustan mandiri yang di tanami rumput odot
Pakan yang selama ini masih menjadi problema di  peternakan ruminansia yang berada di daerah kecamatan tambakrejo bojonegoro, sampai saat ini masih  blm mampu untuk mencukupi kebutuhan pakan ruminansia, kenapa demikian?  Pada umumnya peternak di pedesaan hanya memelihara kambing domba ataupun sapi hanya dengan jumlah yang terbatas, oleh karena itu kesiapan akan pakan tidak menjadi prioritas utama bagi para peternak tersebut. Jadi kesiapan lahan untuk tanaman pakan tidak terfikirkan bagaimana bisa berkembang pesat peternakan bila sistem ini masih di gunakan oleh para peternak dipedesaan.

Pada umumnya ternak yang berada di masyarakat bukanlah sebagai penghasil utama, tetapi itu di gunakan sebagai tabungan oleh mereka.
Hal tersebut sudah mejadi budaya di semua peternak yang ada di tengah - tengah masyarakat dolokgede dan sekitarnya, Kelompok tani ternak ustan mandiri telah mencontohkan kepada masyarakat untuk beternak dengan cara praktis dan juga mengatur menejemen peternakan yang baik.

Penanaman rumput adalah yang paling di rpioritaskan oleh sekelompok peternak ustan mandiri agar peternak menjadi ringan dan tak bersusah payah mencari pakan hijauan buat ternak yang di peliharanya. Kelompok peternak di dolokgede mulai memanfaatkan lahan yang kurang prodoktif untuk di jadikan lahan penanaman rumput hijauan guna mencukupi kebutuhan pakan sehari-hari, misal rumput odot,rumput jenis ini sudah di kebangkan di desa dolokgede untuk pakan hijauan domba kambing, selain itu rumput odot bisa di gunakan untuk pakan sapi dan juga kerbau dll.

Lahan dengan sekala 100 x 100 meter bisa mencukupi kebutuan domba sekitar 30 ekor dalam waktu 2 bulan, alat memang yang sering menjadi gendala utama bagi peternak' tapi kelompok tani ternak di dolokgede sudah mendapatkan bantuan alat perajang rumput ( coper ) dari dinas peternakan sebagai fasilitas kelompok yang telah di gunakan bersama sama.





Komentar

Postingan Populer