PARASIT DI BULU DOMBA BISA MENYEBABKAN LAMBATNYA PERTUMBUHAN

Ustan Mandiri Dolokgede
Mentari pagi bersinar menyinari bumi desa dolokgede tampak cerah dan menyegarkan ketika semalam habis di guyur hujan, pagi itu juga aktifitas sekelompok tani ternak di kandang percontohan masyarakat nampak anak kandang tengah bersih - bersih kandang domba dan sapi.

Melirik sebelah kanan kandang' ruang untuk domba melahirkan dan juga ada ruang untuk memproses pakan hijauan untuk di cacah, disinilah ada kegiatan yang sangat menarik dan selalu mereka lakukan, salah satu dari kegiatan yang unik dan jarang di lakukan oleh peternak di tengah-tengah masyarakat, karena menurut peternak itu hal yang nggak begitu penting.

Kelompok tani ternak ustan mandiri justru hal- hal yang sepele harus kita lakukan karena hal tersebut justru akan sangat bermanfaat bagi peternak itu sendiri, setelah selesai memotong bulu domba Muhammad Ali di konfirmasi oleh Amin Ustan Mandiri  di mengatakan kenapa kok peternak di haruskan memotong bulu domba? hal ini sangat penting bagi ternaknya terutama mempengaruhi pertumbuhan domba itu sendiri.

Tujuan domba di potong bulunya tersebut adalah menghilangkan bakteri-bakteri yang menempel di bandan domba itu sendiri, sehingga domba merasa gatal-gatal tak nyaman dan juga banyak kutu-kutu yang bersarang pada bulunya, di samping itu juga sinar matahari tak dapat menembus kulit dari domba tersebut karena sinar matahari itu mengandung utraviolet yang sangat penting bagi domba -domba kita ujar Muhammad ali.

Jadi dalam beternak menurut fersi ustan mandiri di wajibkan memotong bulu-bulu apalagi dengan ber tujuanya berternak dengat sistem  penggemukan.
Domba yang berbulu lebat dan  lengket bisa berdampak pada pertumbuhan daging serta pertumbuhan yang lain, makan bagi peternak hal tersebut harus selalu di perthatikan.

Jika pemotongan bulu tidak di lakukan, maka  domba yang kita pelihara tak akan  tumbuh dengan normal secara cepat, karena masih terganggu dengan parasit yang menmpel pada badan domba. 

Komentar

Postingan Populer