DINAS PETERNAKAN PROVINSI ADAKAN PERTEMUAN KELOMPOK PETERNAK SEJAWA TIMUR



Pembinaan kelompok peternak sejawa timur

 
Dalam rangka mensuport para peternak di jawa timur, dinas peternakan Provinsi Jawa timur
Perwakilan dari dinas Bp. Cahyono  menerangkan kembali kepada peternak bahwa di dalam usaha peternakan masalah yg pertama adalah  pakan, beliau berharap kepada  semua peternak se jawa timur untuk lebih berkreatif dalam berinovasi  pakan ternak.

 Dari beberapa support dinas peternakan provinsi menjelaskan ke 100 peserta rapat, bahwa alat mesin yang telah di perbantukan kepada peternak di seluruh wilayah jawa timur di harapkan bisa membantu semaksimal mungkin bagi peternak untuk mengembangkan tehnologi pakan di setiapa kelompok ternak.

 Beliau juga menambahkan dan sekaligus menghimbau kepada seluruh peternak sejawa timur agar mesin yang di perbantukan tidak menjadi monumen mesin di masing-masing gudang kelompok ternak.

Dalam rapat koordinasi ini membahas tentang teknologi pakan serta cara menghitung kandungan pakan yang berada di dalamnya. Sehubungan dengan itu dinas propinsi mengundang narasumber dari Badan penelitian dan pengembangan pertanian pasuruan untuk mengupas semua trik dan teknik tentang pembuatan pakan dengan hemat dan tepat bagi peternak sesuwai setandar SNI.

Beliau mengatakan kepada para peserta, bahwa populasi ternak ruminansia di jawa timur menduduki peringkat teratas di Indonesia, tetapai  hal tersebut di nilai dari manejemen pakan peternak jawa timur masih kalah jauh di banding peternak yang berada di luar jawa dengan bahan pakan hijauan sangat melimpah sertan lahan hijauan sangat luas.

Dari segi pakan peternak yang berada di luar jawa, missal sumatera,Kalimantan mereka sangat bagus di menejemen pakan hijauan  sehingga kebutuhan pakan ruminansia sangat tercukupi. Sedangkan di Jawa lahan yang terus menyempit dan lahan sangat datar cocok untuk tanaman padi, sehingga tanaman untuk pakan berkurang di banding sumatera dan kalimantan.

Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur 5 nopember 2015


Untuk menghadapi tantangan bagi peternak yang berada di wilayah jawa timur terutana di Bojonegoro,Lamongan,dan sekitarnya petani dan peternak harus memulai menanam 2 jenis pangan dan pakan.

Komentar

Postingan Populer