Jumat, 31 Desember 2021

Perawatan Yang Wajib di Ketahui Peternak Pada Indukan Setelah Melahirkan

 

Perawatan sapi

www.ustanmandiri.com  Perawatan Yang  Wajib di Diketahui Peternak Pada Indukan Setelah Melahirkan. Pengetahuan perawatan adalah sangat penting yang harus dimiliki oleh para peternak, contohnya pemberian obat cacing selama  tiga bulan sekali bagi yang sapi sapi penggemukan atau yang breeding.

Tetapi perlu di ketahui, bahwa sapi indukan yang keadaanya bunting pemberian obat cacing tidak di perbolehkan, karena bisa mengakibatkan keguguran janin, oleh sebab itu pemberian obat cacing paling bagus sebelum indukan minta kawin.

Setelah melahirkan dalam waktu minimal 3 hari setelah darah kotor atau flasentanya sudah keluar dan bersih pemberian obat cacing bisa di lanjutkan, agar supaya pedetanya bisa mendapatkan asupan air susu yang indukanya sudah mendapatkan obat cacing. Dengan teknik ini dapat mengantisipasi pedetan terkena cacingan.

Di kandang Ustan Mandiri perawatan indukan dan pejantan selalu di perhatikan oleh anak kandang, seperti pengaobatan cacing, pemberian vitamin, dan nafsu makan menjadikan kegiatan aktif yang di lakukan di kandang tersebut.

Pengelolaan pengembangan sapi PO memang sangat mudah dan manak'an istilah bahasa jawanya, sapi Peranakan Ongole bisa melahirkan pedet dalam setahun sekali dengan perawatan yang baik dan benar.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar