Tips Merawat Rumput Setia Untuk Pakan Sapi


Rumput Setia Ustan Mandiri Dolokgede
Lahan pakan hijauan sangat penting ketikan masyarakan akan memulai beternak secara pengembangbiakan, tips ini bisa membantu anda, cara menanam dan merawat rumput dengan baik.

Untuk usaha peternakan pengembangbiakan sapi infes lahan hijauan sangat di anjurkan karena beternak secara alami dengan sistem pembibitan adalah membutuhkan waktu yang cukup lama kawan.

Pembibitan dengan cara pakan selalu beli maka yang akan terjadi adalah pembengkakan terhadap biaya pakan, maka di dalam tips ini di anda di anjurkan untuk infes lahan untuk di tanami rumput agar anda dapat menekan biaya pakan pada sapi bitina untuk pembibitan.

Pertama yang anda lakukan adalah menata lahan dengan sistem sisri atau gulutan / paritan membujur ke barat dan ketimur agar sinar matahari bisa langsung masuk ke sela-sela paritan rumput.
Kemudian setelah lahan di olah lalu batang rumput setia di potong sekitar 30 cm yang ada rosnya  kemudian di tancapkan dengan kemiringan 45 derajat.

Jarak tumbuh awal berbeda dengan yang sudah pernah tumbuh dan pernah di potong, jika pertama nanem biasanya agak lama tumbuhnya.
12 hari tunas rumput baru mulai keluar perbanyak puput kompos di sampingnya untuk mensupot pertumbuhan rumput dan menyuburkan rumput,jikan kompok blm mempunyai bisa menggunakan pupuk kimia untuk mempercepat tunasnya menjadi besar.


Rumput usia 20 hari anda memulai untuk pembuatan sisri di beberapa sudut lahan rumput untuk membuang air yang selalu tergenang di lahan rumput, Rumput setia ini tidak kuat jika terlalu banyak air dan tidak kuat pula kekeringan usahakan selalu lembab.

Pada usia 35-40 hari sudah mulai panen dan siap untuk di kasihkan ke ternaknya, sapi kambing dan domba sangat menyukai rumput tersebut, jangan lupa di lebkan hasih panen rumput anda biar dapat mengetahui berapakah dan apa apa saja nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Selamat beternak, untuk mencapai produksi ternak haruslah mempunyai halan hijauan dengan sendiri. salam sukses.


Komentar

Postingan Populer