BENTUK KERJASAMA YANG TAK NAMPAK OLEH SANG PETANI DAN PETERNAK

ustan mandiri
Awal tahun 2016 adalah tahun yang menjadi momentum bagi petani dan peternak desa dolokgede yang mana pada awal tahun ini para petani memulai memetik kacang hijau yang telah menguning bertada sudah tua dan harus dia panen. Petani menanam dengan waktu  70 hari dengan harapan bisa memanen dengan sempurna, tahun sebelumnya petani desa dolokgede gagal untuk memanen kacang hijau yang di tanamnya, dengan susayah payah mereka rawat dengan harapat bisa menuai hasilnya, tapi apalah daya cuaca alam tak mau mendukungnya hanya pasrah yang mereka sampaikan..

Begitu pula dengan peternak juga terkena imbasnya, petani tak dapat menuai hasil panen peternakpun juga bisa kelabakan, kenapa peternak demikian?  pada saat itu kondisi cuaca tak bisa kompromi hujan yang terus menerus menjadikan peternak susah untuk mendapatkan rumput dan juga limbah hasil para petani yang gagal panen.

sawah mereka sudah tergenang penuh air di sebabkan tak ada rumput yang tumbuh di persawahan.
Tahun 2016 adalah tahun yang menjadi tahun berkah bagi tani ternak, pertumbuhan rumput yang tumbuh dimanan- mana menjadikan pemanjaan bagi para peternak untuk menyabitnya. Begitu pula dengan hasil  limbah pertanian  yang terbuang oleh petani kini di manfatkan oleh peternak dengan baik.

Musim saat ini berpihak pada kita tanaman petanipun juga bisa mereka nikmati hasilnya, begitu juga peternak juga memanjakan ternaknya dengan pakan hijauan yang melimpah ruah di mana-mana.

Petani dan Peternak tak dapat di pisahkan, sebab pelaku keduanya ini adalah sama - sama saling membutuhkan satu sama lain.

Komentar

Postingan Populer